WELCOME

WELCOME TO KAMPOENG ILMU

Minggu, 28 Juli 2013

Contoh BAB VI tentang mengelola Perusahan bisnis


TUGAS  
MANAJEMEN 2
Resume Bab VI : Mengelola Perusahaan Bisnis





 










disusun oleh :
Hidayati Rahman
58715/2010


PROGRAM STUDI STATISTIKA
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013
MENGELOLA PERUSAHAAN BISNIS

1.     Menetapkan Sasaran dan Merumuskan Strategi
Langkah awal dalam manajemen yang efektif adalah menetapkan sasaran tujuan yang diharapkan (dan direncanakan) untuk dicapai oleh sebuah bisnis. Setiap bisnis memerlukan sasaran. Pada suatu perusahaan para manajer harus juga harus membuat keputusan mengenai tindakan-tindakan yang akan dan tidak akan mencapai suatu sasaran perusahaan. Sebagian besar perusahan, progam cakupan luas mendasari keputusan. Program itu disebut strategi, merupakan perangkat luas rencana organisasi untuk mengimplementasikan keputusan yang diambil demi mencapai tujuan organisasi.
A.    Jenis-Jenis Strategi
*      Strategi perusahaan  yaitu untuk menetapkan keseluruhan sikap perusahaan ke arah pertumbuhan dan cara perusahaan mengelola bisnis atau lini produknya.
*      Strategi bisnis / strategi persaingan yaitu  strategi yang berlangsung pada tingkat unit bisnis atau lini produk, yang berfokus pada posisi kompetitif perusahaan.
*      Strategi fungsional yaitu strategi yang digunakan manejer dibidang khusus untuk memutuskan cara terbaik mencapai tujuan perusahaan melalui produktivitas.
Hubungan diantara tiga jenis strategi yang biasanya dipertimbangkan oleh perusahaan
B.     Menetapkan Sasaran Bisnis
Tujuan Penetapan Sasaran Organisasi berfungsi secara sistematis karena organisasi itu menetapkan sasaran dan rencananya. Organisasi itu berfungsi karena melibatkan sumber dayanya pada seluruh tingkatan untuk mencapai sasarannya. Empat maksud utama penetapan sasaran organisasi :
1.      Penetapan sasaran memberikan arah dan panduan bagi para manajer di semua tingkatan.
2.      Penetapan sasaran membantu perusahaan mengalokasikan sumber dayanya.
3.      Penetapan sasaran membantu membangun budaya perusahaan.
4.      Penetapan sasaran membantu manajer menilai kinerjanya.
Macam-Macam sasaran
Sasaran akan berbeda-beda untuk setiap perusahaan, tergantung maksud dan misi perusahaan itu. Setiap perusahaan juga memiliki suatu misi dan pernyataan misi. Pernyataan misi adalah pernyataan organisasi mengenai cara organisasi itu mencapai maksudnya dalam lingkungan bisnis itu dijalankan.
Setiap perusahaan menetapkan 3 jenis sasaran :
C.    Merumuskan Strategi
Flowchart: Connector: 3Flowchart: Connector: 111Rounded Rectangle:  Merupakan penciptaan program yang luas untuk menetapkan dan mencapai sasaran organisasi. Sasaran strategi merupakan sasaran jangka panjang yang berasal langsung dari pernyataan nisi perusahaan.                        a. Perumusan Strategi
















Text Box: Menetapkan tujuan strategi







 






b. Analisis SWOT adalah identitifikasi dan analisis kekuatan dan kelemahan organisasi serta peluang dan ancaman lingkungan sebagai bagian dari perumusan strategi.
c. analisis lingkungan adalah proses pemindaian lingkungan bisnis terhadap segala ancaman dan peluang.
d. analisi organisasi adalah proses menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan.
e. Hirarki Perencanaan, dapat dilihat pada tiga tingkatan :
*      Rencana Strategi : Rencana yang mencerminkan keputusan mengenai alokasi sumber daya,prioritas perusahaan,dan tahap-tahap yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran strategi.
*      Rencana Taksis: Rencana jangka pendek yang berhubungan dengan penerapanaspek spesifik dari rencana stretegi perusahaan.
*      Rencana Operasional : Rencana yang menetapkan target jangka pendek untuk kinerja harian, mingguan, atau bulanan.
D.    Perencanaan Kontigensi dan Manajemen Kritis
*      Rencana kontigensi : mengidentifikasi aspek-aspek penting bagi bisnis atau lingkungannya yang mungkin memerlukan perubahan strategi.
*      Manajemen Krisis : metode organisasi dalam menghadapi keadaan darurat.

2.      Proses Manajemen
3.     Tipe-tipe Manajer
A.    Tingkatan Manajemen
Terdiri dari tiga tingkatan :
*      Manajemen Puncak : manajemen yang bertanggung jawab kepada dewan direksi dan pemegang saham atas keseluruhan kinerja dan efektivitas perusahaan.
*      Manajemen Menengah: manajemen yang bertanggung jawab mengimplementasikan strategi, kebijakan, dan keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak.
*      Manajemen lini Pertama: manajemen yang bertanggung jawab dalam menyelia pekerjaan karyawan.
B.     Bidang-bidang Manajemen
*      Manajemen Operasi
*      Manajer Pemasaran
*      Manajer Informasi
*      Manajer Keuangan
*      Manajer –manajer Lain
4.     Dasar Keterampilan Manajemen
a.      Keterampilan Teknis : Keterampilan yang diperlukan untuk melakukan tuga-tugas khusus.
b.      Keterampilan Hubungan Manusia : untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain.
c.       Keterampilan Konseptual: untuk berpikir secara abstrak, mendiagnosa dan menganalisis situasi yang berbeda, serta melihat jauh ke depan.
d.      Keterampilan Pengambil Keputusan: untuk menentukan masalah dan memilih tindakan yang terbaik.
Prose Pengambilan Keputusan







Text Box: Mendefinisikan masalah
Mengumpulkan fakta dan mencari alternatif

 






e.       Keterampilan Pengelolaan Waktu : keterampilan yang barkaitan dengan penggunaan waktu secara produktif. 
Untuk Pengelolaan Waktu Para manajer harus memperlihatkan empat penyebab utama pemborosan waktu :
·         Administrasi
·         Telepon
·         Rapat
·         Email
Diabad 21, keterampilan dalam dua bidang akan menjadi lebih penting:
·         Keterampilan manajemen global
·         Keterampilan manajemen teknologi
5.     Manajemen dan Budaya Perusahaan
Budaya perusahaan merupakan kisah,keyakinan, dan norma-norma bersama yang mencirikan suatu organisasi.
Mengkomunikasikan Budaya dan Mengelola Perubahan
Agar penggunaan satu budaya perusahaan dapat meraih manfaat, manajer harus menyelesaikan beberapa tugas  yang semuanya bergantung pada komunikasi.
1)      Manajer sendiri harus memiliki pemahaman yang jelas tentang budaya perusahaan
2)      Mereka harus menyalurkan budaya itu ke orang lain dalam organisasi
3)      Mereka dapat melestarikan budaya dengan menghargai dan mempromosikan mereka yang memahaminya dan bekerja bersama untuk mempertahankannya. Jika harus mengubah budayanya, suatu organisasi harus mengkomunikasikan sifat perubahan itu kepada karyawan maupun kepada pelanggan











PERTANYAAN TINJAUAN
1.      Apakah empat tujuan penetapan sasasran dalam suatu organisasi?
Jawab:
*      Penetapan sasaran memberikan arah dan panduan bagi para manajer di semua tingkatan.
*      Penetapan sasaran membantu perusahaan mengalokasikan sumber dayanya.
*      Penetapan sasaran membantu membangun budaya perusahaan.
*      Penetapan sasaran membantu manajer menilai kinerjanya.
2.      Sebutkan dan jelaskan tiga tahap dasar perumusan strategi?
Jawab:







Rounded Rectangle: Merumuskan strategi

 










Pada tiga tahap diatas merupakan dasar perumusahan strategi, strategi bisnis membuat garis besar menegnai cara bisnis mencapai tujuannya dan membuat tanggapan tantangan dan kebutuhan baru. Karena strategi yang dirumuskan dengan baik sangat penting bagi keberhasilan suatu bisnis, sebagian besar manajer puncak mencurahkan perhtian dan kreatifitas pada proses itu. Kemudian Menganalisis organisasi dan lingkungan merupakan proses pemindaian lingkungan bisnis terhadap segala ancaman dan peluang. Setelah itu mencocokkan dengan lingkungannya, ini merupakan langkah terakhir dalam merumuskan masalah adalah menyesuaikan ancaman dan peluang dari lingkungan terhadap kekuatan dan kelemahan perusahaan.proses penyesuaian merupakan jantung dari perumusan strategi. Lebih dari segi-segi strategi apa pun, menyesuaikan perusahaan dengan lingkungannya merupakan dasar keberhasilan perencanaan dan pelaksanaan bisnis.

3.      Hubungkan lima keahlian manajemen dengan empat aktivitas dalam proses manajemen. Contohnya, keahlian mana yang paling penting dalam proses pengarahan (directing) ?
Jawab :
Perencanaan adalah menetapkan apa yang harus dilakukan perusahaan dan cara terbaik melakukannya memiliki tiga komponen utama yaitu :

i. Manajer menetapkan tujuan;

ii. Mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan itu;

iii Memikirkan rencana yang taktis dan operasional untuk mengimplementasikan strategi.

Keahlian manajemen yang paling penting dalam proses ini adalah keahlian konseptual yang merujuk pada kemampuan berpikir abstrak dan juga mendiagnosis dan menanalisis situasi yang berbeda. Keahlian ini membantu individu mengetahui peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi tujuan perusahaan yang telah direncanakan serta menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan hasil keputusan-keputusan mereka. Selain itu keahlian mengambil keputusan yang mencakup kemampuan untuk menetapkan masalah dan menyeleksi langkah tindakan terbaik juga tidak kalah penting yaitu untuk menentukan perencanaan se-efektif dan se-efisien mungkin.
4.      Apakah budaya perusahaan itu ? bagaimana terbentuknya? Bagaimana melestarikannya.
Jawab :
Budaya perusahaan adalah pengalaman, kisah, keyakinan, dan norma-norma bersama yang mencirikan suatu organisasi.
Terbentuknya dengan para manajer harus sangat cermat dalam memeprtimbangkan jenis budaya yang ingin mereka tetapkan di organisasi mereka. Kemudia mereka harus berusaha memupuk dengan cara berkomunikasikannya kepada setiap orang yang bekerja di sana.
melestarikan budaya perusahaan :
a.       Manajer sendiri harus memiiliki pemahaman yang jelas tentang budaya perusahaan
b.      Mereka harus menyalurkan budaya itu ke orang lain dalam organisasi
c.       Mereka dapat melestarikan budaya dengan menghargai dan mempromosikan mereka yang memahaminya dan bekerja bersama untuk mempertahankannya. Jika harus mengubah budayanya, suatu organisasi harus mengkomunikasikan sifat perubahan itu kepada karyawan maupun kepada pelanggan. Manajer dapat  melestarikan budaya perusahaan dengan cara memberi penghargaan dan promosi bagi mereka yang memahami budaya tersebut dan berusaha mempertahankannya.
PERTANYAAN ANALISIS
5.      Pilihlah kelompok mana saja dimana anda menjadi anggotanya (perusahaan Anda, keluarga Anda, atau klub atau organisasi, misalnya). Jelaskan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, penghargaan, dan pengawasasan dijalankan dalam kelompok itu.
Jawab :
*      Perencanaan
Perencanaan merupakan proses manajemen yang mentapkan apa yang harus dilakukan suatu organisasi dan bagaimana sebaiknya melakukannya. Perencanaan atau planning adalah suatu fungsi manajemen yang paling penting, karena disini diformulasikan apa yang akan dikerjakan, siapaa yang mengerjakan, di mana dan caranya, dan bagaimana menilainya. Contohnya pengusaha memutuskan untuk melipatgandakan produksi dalam jangka waktu 3 tahun yang akan datang. Untuk itu akan dibangun 2 pabrik.
Dalam proses ini, top manajerlah yang harus memutuskan berbagai macam hal yang harus dilakukan. Lima keahlian yang ada harus dimiliki oleh seorang top manajer. Hanya yang harus lebih ditekankan adalah pada keterampilan konseptual (conseptual skills).
Keterampilan konseptual merupakan kemampuan untuk melihat perusahaan secara keseluruhan, bagaimana bagian-bagian saling tergantung dan apa yang terjadi bila ada sesuatu yang berubah. Seorang top manajer harus mampu berpikir abstrak, bisa membayangkan, mendiagnosa dan menganalisis setiap situasi yang mungkin berbeda. Ia bisa memikirkan pasar baru yang akan dirintis, menganalisa akibat dari suatu keputusan, dsb.
*      Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan proses maanjemen yang menetapkan cara terbaik dalam mengatur sumber daya dan aktivitas suatu organisasi menjadi suatu struktur yang logis.Pada proses ini, top manajer memegang peranan penting. Oleh karena itu, keterampilan yang harus dimiliki adalah keahlian konseptual dan keahlian hubungan manusia.
*      Pengarahan
Pengarahan merupakan proses manajemen dalam memandu dan memotivasi karyawan-karyawan untuk mencapai sasaran suatu organisasi. Fungsi ini menyangkut mengintergrasikan berbagai unit yang berbeda. Koordinasi harus ada pada setiap tingkat organisasi. Oleh karena koordinasi memiliki peran penting dalam proses ini, maka keterampilan hubungan manusia (human relation skills) sangat dibutuhkan. Karena pengarahan adalah proses memandu dan memotivasi, seorang manajer haruslah memiliki keahlian komunikasi yang baik agar dapat mengerti dan dimengerti oleh yang lainnya. Juga agar dapat memelihara hubunganyang baik pada suatu organisasi.
*      Pengawasan
Pengawasan merupakan proses manajemen dalam memonitor kinerja suatu organisasi untuk menjamin bahwa tujuannya dapat tercapai.
Dalam proses pengawasan ini, keterampilan mengelola waktu (time management skills) dibutuhkan. Seorang manajer harus bisa memprediksi pengawasan yang akan dilakukan untuk jangka waktu berapa lama. Selain itu dibutuhkan juga keterampilan membuat keputusan (decision making skills).
Keterampilan membuat keputusan dibutuhkan dalam pengawasan. Jika pada proses pengawasan ada suatu masalah yang dihadapi maka seorang CEO akan menentukan problem, mengumpulkan fakta, mengidentifikasi alternatif penyelesaian, hingga akhirnya mengimplementasikan alternatif penyelesaian yang dipilih juga mengevaluasi efektifitas pilihan tersebut. Supaya perusahaan  menjadi lebih baik.
6.      Identifikasikan manajer berdasarkan tingkatan dan bidangnya pada sekolah, akademi, atau universitas anda.
Jawab:
a.      Manajer Puncak
Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer tingkat puncak membuat kebijakan, keputusan dan strategi yang berlaku secara umum pada suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
Dalam akademi / universitas manajer puncak adalah rektor.
b.      Manajer Menegah / Middle Manager
Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak. Dalam akademi / universitas adalah dekan, direktur progam sarjana, direktur program pasca sarjana, kepala lembaga, kepala unit.
c.       Manajer Lini Pertama / First-Line Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan. Dalam lingkungan akademi / universitas adalah dosen, staff, dan karyawan.
7.      Jenis perusahaan apa yang keahlian teknis manajemen puncaknya lebih penting daripada keterampilan hubungan manusia atau keahlian konseptualnya? Apakah ada organisasi yang keahlian konseptualnya tidak penting ?
Jawab :
Kita bisa menemukan perusahaan yang keahlian teknis manajemen puncaknya lebih penting daripada keterampilan hubungan manusia atau konseptual yaitu pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Kenapa? karena disini perusahan lebih mengedepankan keahlian teknis seseorang dalam memberikan jasa contohnya barang atau aksesoris yang hand made (buatan tangan). Dan menurut saya, suatu organisasi keahlian konseptualnya penting. Dalam organisasi lima keahlian dasar yaitu keahlian teknis, konseptual, hubungan manusia, membuat keputusan juga keahlian mengelola waktu harus ada untuk saling melengkapi.

8.      Perbedaan apa yang mungkin anda temukan dalam budaya perusahaan manufakur berumur 100 tahun di northeast dan perusahaan e-commerce berumur setahun yang didirikan di slicon valley?
Jawab :
Perbedaan apa yang mungkin anda temukan dalam budaya perusahaan sebuah perusahaan manufaktur berumur 100 tahun di Northeast yang telah mendominasi pasarnya selama bertahun-tahun ada kecenderungan memiliki visi yang pendek yaitu hanya berfokus pada cara-cara mereka melakukannya di masa lalu dan kemudian mencoba mengulanginya, tidak mencoba untuk menerapkan pendekatan-pendekatan baru, cara-cara berpikir baru, dan model pengembangan produk baru.dengan kata lain perusahaan itu tidak memiliki inovasi,sedankan inovasi itu harusnya tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi. Dibandingkan dengan, Budaya perusahaan sebuah perushaan e-commerce berumur setahun yang didirikan di Silicon Valley selalu menerapkan pendekatan-pendekatan baru, cara-cara berpikir baru, dan model pengembangan produk baru yang bertujuan mengejar atau menyaingi perusahaan yang telah lama sukses di Silicon Valley,jadi intinya bila mau menang dalam persaingan maka inovasi dan research product yang berkeseinambungan dalah syarat mutlak dalam sebuah perusahaan, untuk itu diperlukan sumber daya yang berkompeten serta para manajemen yang kreatif dan pandai, serta cerdas dalam menentukan kebijakn demi kelangsungan kesuksesan perusahaan.
LATIHAN APLIKASI
9.      Wawancara manajer pada tingkat apa saja suatu perusahaan lokal. Identifikasikan pekerjaan manajer tersebut sesuai dengan tingkatan dan bidangnya. Perhatikan bagaimana perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, dan pengawasan menjadi bagian dari pekerjaan orang itu. Tanyakan pendidikan dan pengalaman kerja manajer itu. Keahlian manajemen mana yang terpenting untuk pekerjaan manajer itu ?
Jawab :

Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik. Manajer lini pertama juga memiliki andil dan turut serta dalam proses pengimplementasian strategi yang telah ditetapkan. Dalam lingkungan akademi / universitas adalah dosen, staff, dan karyawan.
            Ketiga contoh diatas memanej waktu mereka dan memiliki andil dalam proses pengimplementasikan. Contohnya dosen , seorang dosen melakukan perencanaan, pengorganisasian,pengarahan, dan pengawasan itu semua di imbangi dengan pendidikan yang tinggi. Dan yang pasti tingkat pengalaman kerjanya juga udah jam tayang. Sehingga ia bisa memanej pekrjaannya, mahasiswanya dan keluarganya dengan baik.

10.  Cari persamaan dan perbedaan budaya perusahaan dua bisnis dalam komunitas anda. Pastikan anda memilih dua perusahaan  dalam indutri yang sama contohnya, toko serba ada sears dan toko diskon wal-mart.
Jawab :
Pengalaman, kisah, keyakinan, dan norma-norma bersama yang mencirikan suatu organisasi. persetujuan sama dengan perjanjian,baik persetujuan/perjanjian, perikatan maupun kontrak melibatkan setidaknya 2 (dua) pihak atau lebih. Maka toko serba ada sears dan toko diskon wal-mart. Harus bekerja sama dan membuat kesepakatan atau perjanjian agar perusahaan indutri mereka bisa bertahan sampai kejenjang bpersaingan bisnis global. Kontrka bisnispun harus lebih jelas.
 perbedaannya adalah pada tahapan dan implikasinya. Secara singkat, perjanjian/persetujuan menimbulkan perikatan. Perikatan itu kemudian disebut sebagai kontrak apabila memberikan konsekuensi hukum yang terkait dengan kekayaan dan mengikat para pihak yang saling mengikatkan diri dalam perjanjian. Menurut Ricardo, sebelum memiliki konsekuensi hukum, suatu perjanjian tidak sama artinya dengan kontrak.
Selesai


2 komentar: